7 Hal Penyebab Kebotakan Pada Rambut Yang Harus Kamu Ketahui

November 03, 2020

Berikut 7 hal yang bisa menjadi penyebab kebotakan pada rambut yang harus kamu ketahui.

Rambut seringkali menjadi mahkota dan kebanggaan baik bagi pria maupun wanita. Dengan adanya rambut yang sehat dan terlihat indah, kepercayaan diri seseorangpun akan meningkat. Namun, perawatan untuk rambut acapkali disepelekan. Padahal, rambut yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah hingga menyebabkan rambut botak. Jika tidak mau rambutmu berubah tipis dan muncul pitak, yuk simak

7 Hal penyebab kebotakan pada rambut yang harus kamu ketahui.


Penyebab kebotakan

1. Penyebab Kebotakan karena Faktor Keturunan

Faktor keturunan dan pengaruh dari hormon androgen sering kali menjadi penyebab rambut rontok baik pada pria maupun wanita yang dikenal dengan androgenetik alopecia. Jadi, jika kebanyakan pria di keluargamu rata-rata botak, gundul atau plontos, maka tak heran jika kamu mudah mengalami kerontokan pada rambut. Hal yang demikian disebabkan karena adanya kelebihan hormon pria dan folikel rambut yang terlalu sensitif, sehingga diduga mampu diwariskan melalui keluarga dan menjadi penyebab kerontokkan pada pria. Sedangkan pada wanita, rambut rontok seringkali tak dikenali penyebabnya. Namun, kondisi tersebut dipercaya karena hormon wanita yang terlalu sedikit. Androgenetik alopecia pada wanita umumnya terjadi setelah menopause.

2. Penyebab Kebotakan karena Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti skleroderma, lupus dan lichen planus dapat menyebabkan tumbuhnya jaringan parut pada kulit sehingga membuatnya mengalami perubahan yang menyebabkan folikel rambut menjadi rusak, sehingga tidak dapat tumbuh kembali. Untuk itu, penyebab rambut rontok yang disebabkan karena jaringan parut dinamakan scaring alopecia.

3. Penyebab Kebotakan karena Kondisi Autoimun

Penyakit yang satu ini merupakan kelainan pada sistem imun yang berbalik menyerang tubuhnya sendiri. Hal tersebut nyatanya juga dapat menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok. Keadaan seperti ini dinamakan alopecia areata. Tetapi, kebanyakan kasus rambut rontok yang disebabkan karena penyakit ini dapat tumbuh kembali dalam beberapa bulan kemudian.

Rambut botak

4. Penyebab Kebotakan karena Tindakan Medis dan Obat-Obatan

Perawatan medis seperti halnya kemoterapi dan radioterapi mempunyai efek samping yang salah satunya bisa menyebabkan kerontokan parah pada rambut. Selain dua perawatan medis tersebut, obat-obatan tertentu seperti bismuth, levodopa, colchicine, dan cyclosporine juga dapat menjadi penyebab kerontokkan. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan sel rambut dapat terganggu, atau bahkan telah rusak dan rontok pada masa awal pertumbuhannya. Hal ini biasa dikenal dengan fase anagen atau kondisi anagen effluvium.

5. Penyebab Kebotakan karena Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang drastis bisa terjadi saat masa kehamilan pada wanita. Hal ini dapat memengaruhi siklus pertumbuhan rambut, di mana jumlah rambut yang berada dalam fase istirahat atau telogen menjadi 10 sampai 15 persen lebih banyak, sehingga menyebabkannya rontok dalam jumlah banyak. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena rambut dapat tumbuh kembali dalam waktu 6 bulan setelah kerontokannya berhenti.

 

6. Penyebab Kebotakan karena Kebiasaan Mencabut Rambut

Kebiasaan mencabut-cabut rambut nyatanya juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok hingga tipis. Akan tetapi, kerontokan rambut yang terjadi umumnya hanya terjadi di satu area tertentu saja, yaitu area dimana kamu mencabuti rambut tersebut. Untuk penyebab yang satu ini kamu bisa menggunakan serum rambut untuk menutupi pitak agar penampilan rambutmu tetap terlihat sehat dan menarik.

7. Penyebab Kebotakan karena Sering Styling Rambut

Hampir semua wanita gamar menguncir dan menata rambut mereka menggunakan berbagai alat dan bahan kimia. Namun, kebiasaan tersebut faktanya dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan tidak menutup kemungkinan juga dapat mengakibatkan rambut botak. Hal tersebut juga berlaku untuk kebiasaan menarik rambut dikala mengikatnya dengan gaya kuncir kuda atau kepang.

Toko Online Zona Cantikmu | Shopee Indonesia

⚛Penumbuh Rambut Terampuh ⚛Perontok Bulu Permanen ⚛Penumbuh Brewok, Jenggot, Kumis dan Jambang Pria Tercepat ⚛Penghitam Uban Anti Luntur ⚛Pembesar Payudara ⚛Pemutih Badan dan Wajah ⚛Penghilang Jerawat, Bekas Jerawat dan Bopeng


Selain karena kondisi medis tertentu, dari beberapa penyebab rambut botak diatas bisa kamu simpulkan jika ingin membuat rambutmu tetap sehat nan lebat, seharusnya kamu memperlakukan rambut dengan lembut sembari diimbangi dengan perawatan rambut yang mumpuni. Serum penumbuh rambut bisa menjadi opsi untuk perawatan rambutmu agar membuatnya lebat dan terhindar dari rontok dan rambut botak.

You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA