7 Fakta Tentang Uban Di Usia Muda Yang Perlu Kamu Ketahui

November 20, 2020

7 Fakta tentang rambut uban di usia muda yang perlu kamu ketahui.

Uban kini sudah menjadi masalah rambut yang umum muncul di usia yang masih muda. Faktanya, rambut uban muncul bukan hanya menunjukkan seberapa tua usiamu, namun juga bisa muncul karena beberapa faktor tertentu. Dan berikut

7 Fakta mengenai rambut uban di usia muda yang perlu kamu ketahui


Uban di usia muda

1. Rambut Uban Muncul Dikala Sel Penghasil Warna Berhenti Memproduksi Pigmen

Dikala tubuh berhenti memproduksi melanin atau pigmen yang ditemukan di folikel rambut, maka rambut akan berubah menjadi abu-abu. Faktor lainnya yaitu adanya penumpukan hidrogen peroksida di rambut yang disebabkan oleh berkurangnya enzim katalase.

2. Rambut Uban Karena Faktor Genetik atau Keturunan

Uban di usia muda dapat terjadi karena faktor genetik dan proses tersebut sudah diprogram saat kita dilahirkan. Inilah mengapa ada beberapa orang sudah memiliki rambut beruban di usia 20-an, sementara beberapa orang lainnya mulai beruban di rentang usia 50 tahun. Faktor genetik atau keturunan juga memainkan peran penting untuk menentukan kemajuan, intensitas, dan warna uban yang tumbuh di kepalamu.

3. Rambut Uban Dipengaruhi oleh Etnis dan Gender

Untuk faktor yang satu ini, kamu bisa mengambil contoh orang bule yang mulai beruban di pertengahan usia 30an tahun. Untuk orang Asia rambut uban biasanya muncul di usia 30an tahun, sedangkan orang Afrika dan Amerika, mulai beruban di usia 40an tahun. Untuk faktor gender, menurut penelitian kaum pria akan mulai muncul rambut uban saat mendekati usia 30 tahun, sedangkan kaum wanita memiliki rambut uban di usia sekitar 35 tahun.

Rambut uban

4. Rambut Uban Karena Kondisi Medis Tertentu

Rambut beruban juga bisa disebabkan karena faktor ilmiah. Namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, munculnya uban dapat dikaitkan dengan kondisi medis tertentu, kekurangan vitamin B12, anemia, vitiligo, atau masalah kelenjar tiroid.

5. Rambut Uban Karena Merokok

Studi menemukan adanya keterkaitan antara mengisap rokok dengan rambut beruban yang muncul sebelum usia 30 tahun. Tak hanya rambut uban, mengisap rokok juga meningkatkan kemungkinan kerontokan rambut.


6. Rambut Uban Karena Stress

Hormon stress ternyata dapat mempengaruhi sel penghasil melanin di rambut yang disebut dengan melanosit, sehingga munculnya uban di usia muda bisa saja terjadi karena hal tersebut.

7. Gunakan Perawatan yang Tepat untuk Mengatasi Rambut Uban

Uban dapat membuat tekstur rambutmu berubah lebih kasar, kering dan rapuh. Inilah mengapa kamu dianjurkan untuk menggunakan shampoo dan vitamin rambut yang tepat seperti hair tonic penghilang uban yang selain bisa membuat rambutmu lebih sehat, juga bisa menghilangkan atau menghitamkan uban secara permanen.

Rambut beruban

Tidak perlu khawatir jika ada beberapa helai rambut uban muncul diantara rambutmu saat menginjak usia 20an tahun. Karena dengan adanya hair tonic ini, rambut berubanmu bisa dengan mudah diatasi dan hasilnyapun permanen tanpa luntur.

Toko Online Zona Cantikmu | Shopee Indonesia

⚛Penumbuh Rambut Terampuh ⚛Perawatan Rambut Rontok, Bercabang, Rusak, Berketombe, Kering dan Mengembang ⚛Perontok Bulu Permanen ⚛Penumbuh Brewok, Jenggot, Kumis dan Jambang Pria Tercepat ⚛Penghitam Uban Anti Luntur ⚛Pembesar Payudara ⚛Pemutih Badan dan Wajah ⚛Penghilang Jerawat, Bekas Jerawat dan Bopeng

You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA