5 Ciri-Ciri Rambut Rusak dan Cara Mengujinya

November 27, 2020

Ciri-ciri rambut rusak dan cara mengujinya bisa kamu temukan disini.

Rambut rusak biasanya diakibatkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan pewarna rambut, alat pengering rambut, juga cara menyisir yang salah. Beberapa orang bahkan baru mengetahui rusaknya rambut mereka saat sudah parah. Guna menghindari efek yang lebih buruk lagi, berikut

5 Ciri-ciri rambut rusak dan cara mengujinya.


Ciri-ciri rambut rusak

1. Ciri-Ciri Rambut Rusak Seperti Sering Kusut

Rambut punya lapisan pelindung yang disebut kutikula. Kutikula yang ada pada rambut rusak umumnya telah lepas dan patah sehingga membentuk ujung yang tajam. Ujung kutikula pada satu helai rambut pada akhirnya akan bergesekan dengan kutikula rambut lain sehingga membuatnya kusut. Kelembaban rambut yang rusak tidak akan sebaik rambut yang sehat. Oleh karena itu, kurangnya kelembaban memicu helai rambut lebih susah lepas saat berikatan satu sama lain. Akibatnya, rambut menjadi semakin kusut dan susah diatur.

2. Ciri-Ciri Rambut Rusak Seperti Kering dan Kusam

Tanda lain yang kerap terlihat pada rambut rusak ialah kering dan kusam. Kondisi ini berlangsung lantaran rambut telah kehilangan minyak alaminya yang berguna sebagai pelembab. Rambut pada akhirnya tidak hanya akan menjadi kering, namun juga kehilangan kilau alaminya. Biasanya, penyebab minyak alami rambut berkurang yaitu karena cara memelihara rambut yang keliru seperti sering keramas, mengecat rambut, menggunakan alat styling dengan paparan panas yang tinggi.

Rambut rusak

3. Ciri-Ciri Rambut Rusak Seperti Patah dan Bercabang

Jika rambut kamu patah saat disisir menggunakan jari atau sisir rambut, bisa dipastikan bahwa rambutmu telah rusak. Saat lapisan kutikula rambut sudah rusak, kelenturan rambutpun dapat berkurang sehingga menjadikannya mudah patah. Selain patah, berkurangnya kelenturan rambut juga akan memicu ujung rambut menjadi bercabang. Jika ujung rambutmu kelihatan terbagi menjadi dua, itu artinya kamu harus lebih berhati-hati saat merawat rambut dan pastikan untuk menggunakan produk perawatan untuk rambut rusak yang sudah terpercaya.

4. Ciri-Ciri Rambut Rusak Seperti Rambut Mengembang

Lapisan kutikula rambut memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu mengunci kelembaban di setiap helainya. Ketika lapisan kutikula rambutmu rusak, maka rambut bisa lebih mudah kehilangan kelembabannya, sehingga menjadikannya lebih kering, ringan, bahkan mengembang. Rambut mengembang bisa menjadi pertanda bahwa semua lapisan pelindungnya telah rusak. Hal ini memicu serat bagian dalam rambut terpapar lingkungan luar secara langsung. Serat-seratnyapun akan menjadi lebih rentan dan bisa mengakibatkan kerusakannya semakin parah.

5. Ciri-Ciri Rambut Rusak Seperti Penipisan

Menipisnya helai rambut merupakan tanda yang berkaitan dengan kerusakan rambut. Namun, penyebabnya bukan hanya berasal dari kebiasaan merawat rambut yang keliru. Stress dan pola makan yang salah juga bisa menjadi salah satu pemicunya. Hormon stress menyingkirkan banyak manfaat baik dalam tubuh dan hal tersebut juga berpengaruh pada kesehatan rambutmu. Selain stress, asupan vitamin yang tidak mencukupi juga bisa memicu rambut tidak bisa tumbuh secara sehat dan optimal, sehingga menyebabkannya lebih mudah rusak.

Kerusakan rambut

Untuk cara menguji apakah rambut kamu rusak atau tidak, bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut.

1. Tes Penyerapan Air

Rambut yang rusak lebih mudah menyerap air karena setiap helainya sudah patah. Jadi, cara mengujinya kamu cukup menjabut satu helai rambut dari berasal dari bagian atas, samping dan belakang, lalu jatuhkan ke permukaan air. Jika helai rambut terserbut tenggelam, maka bisa dipastikan kalau rambutmu sudah rusak.

2. Tes Porositas

Cara ini bisa dilakukan dengan menjepit beberapa helai rambut dengan jari tengah dan telunjuk, lalu susuri dari pangkal sampai ujungnya. Jika rambutmu terasa kasar dan tidak seragam, itu tandanya rambutmu sudah rusak.


3. Tes Tarik

Tes ini dilakukan dengan menguji kelenturan rambut. Caranya, basahi 3 helai rambutmu, lalu jepit ujungnya menggunakan ibu jari dan telunjuk, kemudian tarik perlahan. Jika rambut tidak bisa memanjang atau merenggang dan gampang patah, berarti rambut kamu rusak.

4. Tes Ketebalan Rambut untuk yang Bisa Dikuncir

Rambut yang mulai menipis diidentikkan dengan adanya kerusakan pada rambut. Untuk itulah cara ini bisa kamu lakukan guna mengetahui apakah rambutmu sudah rusak atau tiidak. Caranya, kuncirlah rambutu menggunakan kuncir rambut. Jika kamu mengikatnya sebanyak 3 kali atau lebih, sedangkan dulunya 1–2 kali saja sudah cukup, maka bisa dipastikan kalau rambutmu sudah menipis dan mengalami kerusakan.

Rambut mengembang

Dengan mengetahui ciri dan cara mengetes rambut diatas, tentunya kamu bisa lebih berhati-hati dalam merawatnya. Dalam hal ini, kamu bisa gunakan serum rambut rusak sebagai perawatan rambutmu, agar rambut senantiasa sehat, lebat dan indah. Beraktifitas di luar ruanganpun tidak akan mempengaruhi kelembutan dan keindahan rambutmu jika kamu rutin menggunakan serum rambut ini.

Toko Online Zona Cantikmu | Shopee Indonesia

⚛Penumbuh Rambut Terampuh ⚛Perawatan Rambut Rontok, Bercabang, Rusak, Berketombe, Kering dan Mengembang ⚛Perontok Bulu Permanen ⚛Penumbuh Brewok, Jenggot, Kumis dan Jambang Pria Tercepat ⚛Penghitam Uban Anti Luntur ⚛Pembesar Payudara ⚛Pemutih Badan dan Wajah ⚛Penghilang Jerawat, Bekas Jerawat dan Bopeng

 

You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA