7 Cara Merawat Rambut Panjang Wanita Agar Tidak Mudah Rontok Dan Rusak

Desember 03, 2020

7 Cara merawat rambut panjang bagi wanita agar tidak rawan rontok dan rusak.

Rambut panjang banyak digemari oleh banyak wanita karena cenderung lebih mudah ditata dan dibentuk sesuai keinginan pemiliknya. Mulai dari tampilan lurus berponi yang berkesan cute, hingga gaya rambut panjang bergelombang yang akan membuat si pemilik terlihat elegan dan seksi. Namun, rambut panjang juga memiliki efek negatif seperti gampang rontok, bercabang, kering dan rusak. Untuk itu, simak

7 cara merawat rambut panjang wanita agar senantiasa sehat dan tampak cantik

 
Merawat rambut panjang

1. Merawat Rambut Panjang dengan Rajin Memotong Ujungnya

Cara yang satu ini merupakan hal paling umum yang bisa dilakukan oleh wanita pemilik rambut panjang. Dengan rajin memotong ujung rambut 1–2 cm secara teratur, dipercaya dapat mencegah terjadinya masalah rambut kering dan bercabang. Cara ini bisa dilakukan baik untuk rambut panjang berwarna natural, maupun yang sudah diwarnai sekalipun agar tampilannya tetap cerah dan tidak kusam.
 

2. Merawat Rambut Panjang dengan Rajin Memijat Kepala saat Keramas

Bagi kamu pemilik rambut panjang, tidak mau kan kalau rambutmu terlihat lepek karena mudah berminyak? Untuk itu, lakukan keramas atau cuci rambut 2–3 hari sekali guna menghindari kulit kepala kering dan memproduksi minyak secara berlebihan. Selain itu, jangan lewatkan untuk memijat ringan kepala selama kurang lebih 5 menit saat keramas menggunakan shampoo rambut. Dengan pijatan tersebutlah kesehatan kulit kepala akan lebih terjaga secara alami. Memijat ringan kepala saat keramas juga bisa membuat tubuhmu rileks dan meredakan stress loh.
 

3. Merawat Rambut Panjang dengan Tidak Mengikatnya Terlalu Kuat

Mengkreasikan rambut panjang tak lengkap rasanya kalau tidak menggunakan model kunciran dengan karet rambut. Bergaya menggunakan berbagai model kunciran ini memang menjadi favorit pemilik rambut panjang. Pasalnya, kamu dapat menghasilkan berbagai gaya rambut yang menarik menggunakan cara ini. Tapi, meski memiliki tampilan yang menarik, usakan untuk menghindari penataan rambut menggunakan cara ini karena ikatan pada rambut yang terlalu erat justru akan menyebabkan kerusakan seperti rambut yang gampang patah, rontok dan nampak kusam. Selain itu, pertumbuhan rambut yang kerap diikat erat juga akan terganggu, sebab sirkulasi gizi ke tiap helai rambutnya akan terhambat. Jika ingin berkreasi dengan rambutmu, sebaikanya gunakan jepitan, alih-alih karet rambut.
 
Cara merawat rambut

4. Merawat Rambut Panjang dengan Menggunakan Kain Bertekstur Halus Sebagai Handuknya

Untuk mendapatkan rambut panjang sehat nan terawat, mulai sekarang hindari mengeringkan rambut dengan asal dan menggunakan handuk atau kain lain yang bertekstur kasar. Hal ini dapat menyebabkan rambut rentan rusak dan gampang patah. Sebagai gantinya, kamu dapat mengeringkan rambut menggunakan kaos atau hair wrap yang terbuat dari bahan lembut seperti katun. Gesekan yang dihasilkan dari proses mengeringkan rambut menggunakan bahan kain tersebut tidak akan merusak kutikula di kulit kepalamu, sehingga rambut panjangmu tidak mudah rontok dan berketombe.
 

5. Merawat Rambut Panjang dengan Mengaplikasikan Heat Protectant Sebelum Menggunakan Alat Styling

Alat styling tentu sudah menjadi hal yang umum dan bahkan wajib dimiliki oleh wanita pemilik rambut panjang, lantaran dengan bantuan alat itulah rambut bisa dikreasikan dengan mudah menjadi beragam model dan gaya rambut. Untuk itu, sebelum menata rambut menggunakan alat styling, sebaiknya kamu memberikan perlindungan lebih pada rambut dengan mengaplikasin heat protectant guna melindungi rambutmu dari efek negatif panas yang dihasilkan oleh alat styling tersebut dan membuatnya tetap halus, serta tidak kering.
 

6. Merawat Rambut Panjang dengan Selalu Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Rahasia lain yang tidak boleh kamu lewatkan untuk menjadikan rambut panjangmu tetap menawan yakni dengan selalu menjaga kesehatan kulit kepala. Kulit kepala yang tidak sehat merupakan penyebab umum rambut panjang cenderung gampang patah dan rontok. Oleh karena itu, gunakan produk perawatan rambut yang selain baik untuk rambut, juga baik untuk menjaga kesehatan kulit kepalamu. Biasanya, produk dengan kandungan bahan alami sangat bagus digunakan untuk perawatan rambut panjangmu.
 

7. Merawat Rambut Panjang dengan Mengaplikasikan Kondisioner Setelah Keramas

Kelembutan menjadi salah satu aspek utama yang bisa menunjang rambut panjangmu terlihat tetap indah dan menawan. Untuk mendapatkannya, salah satu kunci utama yang wajib kamu lakukan yaitu dengan menjaga kelembabannya. Oleh karena itu, penting hukumnya untuk menggunakan shampoo rambut yang benar-benar cocok untuk tipe rambutmu, lalu mengaplikasikan kondisioner setelah mencucinya.
 
Rambut panjang wanita

Akan sayang rasanya jika rambut panjang yang kamu miliki tidak terawat dengan baik. Untuk itu dibutuhkan ketelatenan lebih jika kamu ingin mendapatkan rambut yang selalu terlihat sehat, indah dan menawan. Produk perawatannyapun juga harus diperhatikan dengan baik untuk menghindari dampak dari ketidakcocokan pemakaian produk tersebut ke rambutmu. Usahakan untuk selalu menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan bahan alami, karena manfaatnya sangat bagus untuk rambutmu.
 

Toko Online Zona Cantikmu | Shopee Indonesia

⚛Penumbuh Rambut Terampuh ⚛Perawatan Rambut Rontok, Bercabang, Rusak, Berketombe, Kering dan Mengembang ⚛Perontok Bulu Permanen ⚛Penumbuh Brewok, Jenggot, Kumis dan Jambang Pria Tercepat ⚛Penghitam Uban Anti Luntur ⚛Pembesar Payudara ⚛Pemutih Badan dan Wajah ⚛Penghilang Jerawat, Bekas Jerawat dan Bopeng


You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA