Waspadai 6 Penyebab Rambut Rontok Berlebihan pada Wanita

Oktober 13, 2020

Penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita bisa kamu ketahui dengan mengetahui 6 hal dibawah ini.

Pernah tidak mengalami masalah rambut rontok berlebihan? Saat menyisir rambut, tidur, duduk bersandar di sofa, selalu saja ada beberapa helai rambut yang tertinggal. Selain membuat risih karena helai-helai rambut tersebut seakan berada dimana-mana, kerontokan pada rambut juga akan membuatnya semakin tipis dan bisa jadi pertanda kalau rambut sedang tidak sehat.

Untuk itu, yuk kenali beberapa hal dibawah ini bisa menjadi penyebab rambut rontok pada wanita.


rambut rontok

1. Penyebab Rambut Rontok Karena Melakukan Diet Ketat

Salah satu penyebab rambut rontok adalah melakukan diet ketat. Loh kok bisa? Alasannya karena diet bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi penting, seperti protein, asam lemak esensial, zat besi, dan zink yang berguna untuk rambut. Keadaan malnutrisi itulah yang membuat rambut secara lambat laun menipis dan mudah tercabut. Bahkan rontoknya rambut karena diet ketat ini bisa sampai 1-6 bulan loh. Jadi hati-hati ya sebelum menjalani program diet. Jangan terlalu ketat hingga membahayakan kesehatan rambutmu.

2. Penyebab Rambut Rontok Karena Menata Rambut Secara Berlebihan

Minimal dari kalian pasti sudah tau kalau menggunakan produk penataan rambut seperti hair spray, catok, hair dryer dan cat rambut secara terus-menerus bisa menjadi penyebab rambut rontok dan rusak. Seringnya paparan panas dan zat kimia dari beberapa produk diatas dapat membuat rambut lemah dan gampang patah. Sah-sah saja kalau mau mendandani rambut agar terlihat beda, tapi jangan berlebihan ya girls.

3. Penyebab Rambut Rontok Karena Stres

Kerjaan menumpuk, masalah tak berujung dan rasa lelah berlebihan tak ayal membuat kita gampang terkena stres. Dalam fase ini, ada baiknya untuk mencoba lebih rileks dan berusaha mencari solusi setelah perasaan kamu lebih tenang. Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, stres juga buruk untuk kesehatan rambutmu. Karena saat kita stres, folikel rambut akan terdorong untuk beristirahat, hal tersebutlah yang menjadi penyebab rambut rontok berlebihan.

rambut rontok berlebihan


4. Penyebab Rambut Rontok Karena Masalah Ketombe di Kulit Kepala

Meski terlihat sepele, masalah ketombe selain membuat kulit kepala terasa gatal, juga bisa menjadi salah satu faktor rambut rontok berlebihan. Ketombe yang bersarang di kulit kepala kita merupakan alasan kurangnya nutrisi untuk rambut. Kekurangan nutrisi inilah yang mengakibatkan akar rambut tidak kuat dan menyebabkan kerontokan. Jadi, kalau kulit kepala terasa gatal dan terlihat beberapa salju berguguran dari rambutmu saat kamu garuk, segera gunakan produk perawatan rambut terpercaya untuk menghilangkan ketombe dan menjadikan rambutmu kembali sehat tanpa rontok.

5. Penyebab Rambut Rontok Karena Mengkonsumsi Pil KB

Sudah tidak heran kan, beberapa pil KB ada yang tidak cocok untuk kita. Salah satu ketidakcocokannya bisa ditandai dengan rambut rontok secara berlebihan dari biasanya. Ada baiknya untuk mencari cukup informasi terlebih dahulu terkait pil KB yang cocok untuk kondisi badanmu sebelum menggunakannya.

 

6. Penyebab Rambut Rontok Karena Kelebihan Vitamin A

Mengkonsumsi vitamin A memang sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa berimbas ke kesehatan rambutmu loh. Menurut American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A atau obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut. Seperti halnya apa yang sudah kita ketahui agar tidak berlebihan dalam hal apapun. Karena yang awalnya kita anggap baik, malah ada faktor negatifnya. Jadi mulai sekarang, konsumsi vitamin A sewajarnya saja agar tubuh sehat, rambut kitapun juga terjaga kesehatannya.

penyebab rambut rontok

Itulah 6 hal yang patut kamu waspadai jika menginginkan rambut tebal nan sehat. Selain menghindari beberapa hal diatas, ada baiknya agar tetap menjaga kesehatan rambut menggunakan produk perawatan rambut terbaik untuk mencegah rambut rontok. Produk-produk perawatan rambut ampuh yang kami rekomendasikan bisa kamu temukan disini.

You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA