7 Tips Merawat Rambut Rusak Parah Agar Kembali Sehat dan Indah

September 17, 2020

Merawat rambut rusak parah bisa kamu lakukan dengan menerapkan 7 cara dibawah ini untuk mendapatkan kembali rambut cantik dan sehatmu.

Seringnya terpapar bahan kimia, lingkungan dan debu bisa saja membuat rambut lambat laun menjadi rusak. Kerusakan pada rambut tersebut ditandai dengan beberapa masalah yang timbul seperti kerontokan, ketombe, berminyak atau lepek, bercabang, serta kering. Kalau tidak segera menerapkan perawatan pada rambutmu, kerusakannya akan semakin parah hingga mengakibatkan kebotakan. Untuk itu, jika sudah terlanjut rusak gunakan 7 cara dibawah ini sebagai perawatan rambut rusakmu.

1. Bersihkan Rambut Secara Teratur dan Gunakan Kondisioner

Perawatan rambut rusak parah yang pertama yaitu dengan cara membersihkan rambut secara teratur menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepalamu. Pengaplikasian shampo yang pas juga bisa digunakan sebagai salah satu metode merawat rambut rusak karena pengaruh rebonding ataupun smoothing. Selain mencuci rambut, kamu juga perlu mengaplikasikan kondisioner untuk membantu melembutkan dan merawat akar rambutmu.

2. Potong Rambut Secara Teratur 2 atau 3 Bulan Sekali

Memotong rambut secara rutin dalam 2 atau 3 bulan sekali terbukti menjadi salah satu metode untuk menanggulangi rambut rusak parah. Langkah ini dianggap ampuh untuk mengatasi rambut rusak parah, khususnya untuk bagian ujung rambut yang bercabang.

Merawat rambut rusak

3. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Asupan air putih tiap hari benar-benar penting untuk membuat rambut lebih sehat. Hal ini dikarenakan rambut juga membutuhkan air untuk proses melembapkan, menghaluskan, serta meningkatkan kesehatan alami pada rambut.

4. Hindari Mengkonsunsi Minuman Beralkohol

Untuk mendapatkan rambut yang sehat kamu juga perlu menghindari minuman yang mengandung alkohol. Sebab minuman tersebut bisa membuat rambut menjadi gampang kusam dan patah.

5. Cukupi Nutrisi untuk Rambut

Merawat rambut rusak juga memerlukan cukup nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi. Dalam hal ini kandungan omega 3 dan 6, serta asam lemak esensial dipercaya bisa mengatasi masalah rambut rusak, seperti kusam dan gampang patah. Contoh makanan yang bisa kamu konsumsi yaitu kacang-kacangan, kenari, ikan salmon, ikan tuna, mackerel dan sayuran yang berdaun hijau gelap.

Rambut rusak

6. Gunakanlah Pelindung Rambut

Jika kamu ingin merawat rambut rusak parah, maka mulai sekarang gunakanlah pelindung pada rambutmu guna menghindari paparan sinar ultraviolet. Aksesoris seperti topi atau scarf bisa kamu gunakan untuk melindungi rambutmu.

7. Gunakan Masker Rambut

Perawatan rambut rusak yang terakhir dan tak kalah penting yaitu menggunakan masker rambut minimal 1 minggu sekali. Cara ini dikatakan mampu membantu rambut dan kulit kepalamu agar selalu ternutrisi dengan baik sehingga menjadi lebih sehat.


Dari 7 cara merawat rambut rusak parah diatas, hal yang paling penting yakni memilih produk perawatan rambut dengan bahan alami dan terbukti aman untuk rambutmu. Kandungan bahan alami pada produk perawatan rambut akan memberikan banyak manfaat sehingga selain menjadikannya kembali indah, pertumbuhan rambut barupun juga akan lebih sehat dari sebelumnya. Mulai sekarang, usir rambut rusakmu agar tidak datang kembali menggunakan produk perawatan rambut yang tepat.

You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA