Mengatasi Rambut Berminyak Atau Lepek Setelah Keramas Dengan 6 Tips Sederhana

Oktober 14, 2020

Mengatasi rambut berminyak atau lepek ternyata sangat mudah. Caranya dengan menerapkan 6 tips sederhana berikut ini.

Rambut berminyak atau lepek sudah menjadi masalah yang umum dialami oleh hampir semua wanita terutama di Indonesia dengan iklim yang cukup panas. Pemilik rambut panjang dan pendek seringkali mengalami masalah rambut yang satu ini entah disebabkan karena keringat di kulit kepala, atau faktor lainnya. Mengatasi rambut berminyak atau rambut lepek bagi sebagian orang mungkin bisa diselesaikan dengan keramas atau mencuci rambut, namun cara tersebut nyatanya tidak sepenuhnya benar.

Untuk kamu dengan tipe rambut  yang gampang berminyak bahkan setelah keramas beberapa jam yang lalu, 6 tips sederhana dibawah ini bisa coba kamu terapkan untuk mengatasi rambut berminyakmu.


Rambut lepek

1. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Tidak Keramas Setiap Hari

Keramas setiap hari nyatanya bisa menyebabkan minyak muncul lebih cepat. Ada bagusnya kamu mencuci rambut setiap 2 atau 3 hari sekali untuk mencegah rambut berminyak. Selain itu, perhatikan juga shampo yang kamu gunakan dan pastikan komposisinya mengandung bahan-bahan yang ringan agar rambutmu tidak gampang berminyak.

2. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Berhati-Hati dalam Mengaplikasikan Kondisioner

Hindari mengaplikasikan kondisioner ke seluruh bagian rambut, terutama sampai ke akarnya. Bahan kondisioner yang berat, bisa menyebabkan rambut akan mudah sekali lepek. Cukup gunakan kondisioner secukupnya dari bagian tengah rambut sampai ke ujung saja. Dengan begitu, masalah rambut lepek bisa dengan mudah kamu hindari.

3. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Tidak Membilas Rambut Menggunakan Air Hangat Setelah Keramas

Kebiasaan mandi sembari keramas menggunakan air hangat, sebaiknya kamu hindari mulai sekarang jika tipe rambutmu merupakan yang gampang berminyak. Pasalnya, air hangat bisa menstimulus minyak untuk keluar. Sebaiknya cuci rambut terlebih dahulu nmenggunakan air hangat supaya minyak dan kotoran keluar dari kulit kepala, Lalu gunakan shampo dan bilas dengan air dingin. Guna air dingin yaitu untuk menutup kembali pori-pori sehingga minyak alaminya bisa terkunci.

Rambut berminyak

4. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Mengurangi Kebiasaan Sering Menyisir dan Memegang Rambut

Dalam hal ini, usahakan sisir rambut dikala kusut saja. Hindari untuk terus-menerus menyisir rambut, apalagi sering memeganya. Hal tersebut bisa menstimulus kelenjar minyak sehingga meningkatkan produksinya pada kulit kepala. Sama halnya dengan sering memegang rambut, kotoran dan minyak yang menempel pada tangan tanpa kamu sadari akan ikut menempel pada rambutmu juga. Hal inilah yang nantinya memunculkan masalah rambut berminyak.

5. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Tidak Terlalu Sering Menggunakan Alat Penata Rambut

Salah satu pencegahan lain pada rambut lepekmu yaitu dengan mengurangi pemakaian alat penata rambut yang mengandung pemanas seperti hair dryer dan catok rambut. Panas yang dihasilkan oleh alat-alat tersebut bisa mengakibatkan timbulnya minyak berlebih pada rambutmu.

6. Mengatasi Rambut Berminyak dengan Mengaplikasikan Dry Shampo atau Bedak Bayi

Kalau rambutmu sudah terlanjur lepek, kamu bisa coba metode yang sudah umum digunakan oleh banyak wanita, yaitu dengan menyemprotkan dry shampo atau bisa menaburkan bedak bayi pada kulit kepalamu. Cara ini sudah terbukti mampu mengatasi rambut berminyak secara instan, namun efeknya tidak bertahan lama.


Kamu bisa coba 6 cara diatas sebagai perawatan rambut pada masalah rambut berminyak atau lepek. Jangan lupa untuk menunjangnya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang bisa mengatasi dan mencegah rambut berminyak atau lepek agar efek rambut sehat tanpa minyak bisa kamu miliki secara permanen.

You Might Also Like

0 komentar

FIND ME ON SOCIAL MEDIA